Minggu, 19 April 2009

Kampung Sampireun



Kampung Sampireun, yang dalam bahasa Indonesia artinya tempat singgah, adalah resor yang terletak di Kampung Ciparay desa Sukakarya Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Resor ini terdiri dari 20 buah bungalow, berbentuk rumah panggung yang berciri khas Sunda, yang dibangun mengelilingi sebuah danau buatan. Selain bungalow sebagai tempat menginap, Kampung Sampireun memiliki fasilitas restauran, bale-bale tempat untuk menikmati gorengan di sore hari, dan warung kopi ala kampung sebagai tempat berinteraksinya para tamu.

         

Taman yang ada di sekeliling area tersebut ditata dengan asrinya, sesuai dengan konsepnya yaitu ‘back to nature’ sehingga benar-benar terlihat alami. Dominansi pohon-pohon pinus menambah suasana sejuk area dengan kisaran suhu 12°C-18.°C tersebut.

     

Setiap bungalow dilengkapi perahu sehingga tamu yang menginap dapat menikmati nuansa Situ Sampireun dengan ditemani oleh ribuan ikan mas  ketika berperahu. Selain itu para tamu juga dapat menikmati acara  “Calung”, yaitu kesenian tradisional yang dipentaskan setiap sore di atas rakit di tengah situ. Dan pada malam hari para tamu akan di “nina bobo-kan” oleh alunan kecapi suling yang dimainkan langsung oleh grup kesenian yang berkeliling sambil menjajakan“Sekoteng” , minuman tradisional Sunda untuk menghangatkan tubuh.